Friday, December 20, 2013

Browse » home» » » » » » Konsep Kebudayaan dan Nilai nilai Budaya

Konsep Kebudayaan dan Nilai nilai Budaya

Konsep Kebudayaan dan Nilai-nilai Budaya - ya kali ini kami akan membahas mengenai Konsep Kebudayaan dan Nilai-nilai Budaya yang didalamnya berisikan tentang sistem budaya yang dimiliki oleh setiap negara berikut ini akan dijelaskan mengenai Konsep Kebudayaan dan Nilai-nilai Budaya yang pertama yaitu menjelaskan mengenai konsep kebudayaan kemudian yang kedua yaitu menjelaskan mengenai Nilai-nilai Budaya adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

-Konsep Kebudayaan
 Kata kebudayaan dan culture, berasal dari kata sangskerta “buddhayah” yaitu petunjuk atau jamak dari “budhi” yang berarti “budi” atau “akal”. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan atau bersangkutan dengan akal. Dengan demikian “budaya” adalah “daya dari budi” yang beupa cipta, karsa, dan rasa itu. Dalam istilah antropologi-budaya perbedaan itu ditiadakan. Kata budaya hanya dipakai sebagai suatu singkatan saja dari kebudyaan dengan pegertian yang sama.
Atas dasar pengertian diatas, maka ada dua pemikiran tentang munculnya kebudayaan dan peradaban. Yaitu:
 1. Anggapan bahwa adanya hukum pemikiran atau perbuatan manusia (kebudayaan) disebabkan oleh tindakan besar yang menuju kepada perbuatan yang sama dan penyebabnya yang sama
2. Anggapan bahwa tingkat kebudayaan atau peradaban muncul sebagai akibat taraf perkembangan dan hasil evaluasi masing-masing proses sejarahnya.
Catatan :
Bahwa kondisi dua pendapat tidak lepas dari kondisi alamnya, atau alam tidak ada ujung pangkalnya, atau alam tidak pernah bertindak dengan meloncat.

-Nilai-nilai budaya
Untuk bisa memahami nilai budaya, maka perlu dijelaskan terlebih dahulu apa itu nilai. Berbicara nilai harus berhubungan dengan empat unsur pokok yang saling terkait. Yaitu :
a. Manfaat (utility)
b. Keperluan/pentingnya (importence)
c. Penilaian/kebutuhan (estimation)
d. Kebutuhan (need)
Dari keempat unsur tersebut para ahli memberikan definisi tentang nilai, yaitu :
1.Papper (1958:7) mengatakan bahwa nilai adalah segala sesuatu tentang yang baik atau yang buruk
2.Perry (1954) mengatakan  nilai adalah segala sesuatu yang menarik bagi manusia sebagau subjek.

Demikianlah pembahasan mengenai Konsep kebudayaan dan nilai-nilai budaya semoga bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya sekian sampai jumpa lagi.

No comments:

Post a Comment