Saturday, December 21, 2013

Browse » home» » » » » » » Cara kerja kopling pada kendaraan mobil

Cara kerja kopling pada kendaraan mobil

Cara kerja kopling pada kendaraan mobil - Seperti halnya, kopling memindahkan tenaga dari roda penerus ke input shaft dengan adanya gesekan. Hal ini dilakukan dengan jalan menghubungkan roda penerus dan plate penekan (yang dipasangkan pada poros engkol) ke disc clutch (yang dipasangkan pada plate penekan) secara bertahap. Hubungan antara roda penerus, plate penekan dan disc clutch diatur oleh pegas kopling dan dikontrol oleh pengemudi melalui pedal kopling dan mekanismenya. bila pedal kopling
ditekan sebagian tekanan pegas pada plate penekan berkurang, sehingga gesekan yang terjadi antara roda penerus, plate penekan kopling kecil akan slip, dengan demikian tenaga mesin yang dipindahkan ke input shaft hanya sebagian. Dan jika kopling ditekan penuh  gesekannya akan hilang dan input shaft akan bebas. (tidak dipengaruhi oleh putaran mesin). Sewaktu pedal dilepas tegangan pegas pada plate penekan bertambah, sehingga gesekannya bertambah dan slip berkurang. Dan jika pedal dilepas penuh, semua tekanan pegas menekan plate penekan, akibatnya pada plate kopling tidak terjadi slip sama sekali dan putaran input shaft menjadi sama dengan putaran mesin. Dengan demikian seluruh tenaga mesin dipindahkan langsung ke input shaft.






Demikianlah ulasan mengenai Cara kerja kopling pada kendaraan mobil dan akan terus di uptodate sesuai dengan kemajuan teknologi.

No comments:

Post a Comment